Apa yang dimaksud Budidaya Ikan Lele Organik?

Budidaya ikan Lele organik merupakan lele yang cara membudidayakannya dengan teknik yang ramah lingkungan. Yaitu dengan memanfaatkan bahan mikroorganisme positif pada kolam dan siklus yang sama dengan habitat hidup lele yang asli. Metode ini dikembangkan untuk membantu para budidaya ikan lele khususnya lele sangkuriang agar yang merasa keberatan dengan mahalnya harga pakan waktu dalam masa pembibitan dan untuk pembesaran lele. sebenarnya alam sudah myediakan semua pakan secara langsung untuk kita, tinggal bagaimana kita cara mengolahnya dengan baik agar menjadi makanan yang bergizi dan bernutrisi bagi ikan kita.

Kita sering memanfaatkan bahan kimia dalam pembuatan pakan, karena dengan alasan seandainya menggunakan bahan kimia maka ikan lele akan cepat mengalami pertumbuhan. Hal ini justru salah, karena bahan kimia itu tidak baik untuk digunakan dalam masa budidaya ikan lele, karen kualitas ikan lele akan memburuk dan kesehatan ikan lele tentu menjadi tidak baik. Hal inipun juga tidak baik bagi kesehatan konsumen yang ingin menikmatinya. Jadi gunakanlah bahan yang ramah lingkungan untuk budidaya ikan lele yaitumenggunkan bahan-bahan organik.

budidaya ikan lele organik

Bahan-bahan Budidaya Ikan Lele Organik

Dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan maka banyak keuntungan yang kita dapatkan salah satunya adalah:

  1. Menghemat dalam pemberian pakan, yaitu pada saat awal budidaya sampai panen.
  2. Menghemat biaya pemeliharaan
  3. Dapat mencegah resiko kematian pada ikan lele
  4. Tidak banyak memerlukan pergantian air pada ikan lele, bahkan terkadang tidak sama sekali
  5. Ikan jadi lebih sehat dan bernutrisi karena tidak menggunakan bahan kimia namun menggunakan bahan organik yang ramah lingkungan
  6. Tidak berbau, karen terdapat mikroorganisme yang terdapat dalam kolam lele
  7. Tekstur ikan lele lebih bagus dan gurih nanti saat dimasak.

Baca juga:

Prinsip Kerja Budidaya Ikan Lele Organik

Ada beberapa prinsip kerja yang harus kita lakukan dalam budidaya ikan lele yang ramah lingkungan. Agar kita bisa benar dan baik dalam menerapkan metode ini dan tidak melakukan kesalahan dan kesulitan. Prinsip apa saja yang harus kita lakukan:

  • Kita harus bisa mengandalkan mikroorganisme alami, karena ini penting dalam pengurai kotoran dan amoniak yang terdapat dalam kolam ikan lele sehingga media yang digunakan nanti akan selalu sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit atau hama.
  • Kita juga harus membuat sistem air tertutup, ini berfungsi agar memunculkan pakan alami untuk ikan lele

Itulah beberapa prinsip dan sistem yang mungkin harus kita lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka banyak hal yang harus dilakukan pula. Namun hal ini akan terasa mudah dan sederhana jika kita melakukannya dengan baik dan benar. Jangan pernah melibatkan sesuatu yang berbahaya dalam memulai usaha kita, karena akan berdampak tidak baik dalam usaha yang kita lakukan.gunakanlah bahan-bahan yang sudah disediakan dari alam, gunakan dengan sebaik-baiknya jangan terlalu diekploitasi dalam penggunaanya karena tidak hanya kita yang memanfaatkannya tapi semua berhak untuk memanfaatkannya

Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah budidaya dengan cara organik merupakan cara budidaya dengan menggunkan bahan alami atau bahan yang ramah lingkunagn. Yang dapat kita cari dan temukan dialam sekitar tanpa harus membeli mahal-mahal di pasar. Budidaya ikan lele dengan cara ini juga sangat bermanfaat  untuk kesehatan ikan dan diri kita sendiri yang memanfaatkannya.  jadi sayangilah ikan kita dan diri kita dengan terus mengguanakan bahan yang ramah lingkungan.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud dengan lele organik
  • terangkan yang dimaksud dengan pembenihan ikan lele
  • terangkan yang dimaksud pembenihan ikan lele
Apa yang dimaksud Budidaya Ikan Lele Organik? | ikanlele | 4.5