Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Booster

Budidaya ikan lele dengan metode booster dapat menghasilkan panen melimpah dan ikan lele yang berkualitas. Metode ini dapat menekan kebutuhan pakan, menjaga kesehatan ikan lele, dan menekan resiko gagal panen. Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan pertumbuhan jenis plankton sebagai pakan alami ikan lele untuk melakukan budidaya ikan lele.

Untuk memulai metode ini, persiapkan air yang  bersih. Paling bagus menggunakan air yang mengalir supaya bebas dari pencemaran air. Paling penting adalah selalu menjaga kebersihan kolam. Dalam metode ini, gunakan desain central drain untuk kolam. Central drain adalah sebuah desain dimana saat melakukan pembuangan air bahan organik tidak ikut terbuang. Desain tersebut membantu pembuangan air karena bahan organik akan terkumpul di bagian tengah meskipun dilakukan pembuangan air.

budidaya ikan lele dengan sistem booster

Untuk mendukung keberhasilan metode ini, pembuangan kotoran harus dilakukan secara rutin. Buka central drain dan secara langsung kotoran. Peternak tidak harus selalu mengganti air untuk membuang kotoran sehingga air akan selalu dalam keadaan bersih. Hal ini akan membuat plankton bisa tumbuh di air yang melimpah. Sementara itu, kalau airnya terbatas, bisa menerapkan sistem dominasi bakteri photosintetic bacteria.

Air berwana hijau menandakan adanya fitoplankton berklorofil. Fitoplankton lebih bisa menyesuaikan dengan perubahan cuaca dan lingkungan karena memiliki waktu mortalitasnya lebih panjang. Jika air kolam berwarna kecoklatan berarti zooplankton berjenis diatomae mendominasi air. Sedangkan air berwarna kemerahan merupakan tanda adanya photosintetic bacteria. Bakteri ini lebih cepat berkembang karena derajat keasaman air menurun, kelarutan oksigen menurun, dan bahan organiknya semakin meningkat. Photosintetic bacteria dapat berfotosintetis sendiri tanpa membentuk molekul oksigen.

Plankton berfungsi sebagai penyalur pakan alami untuk ikan lele sehingga ikan bisa lebih cepat pertumbuhannya. Kalau pengelolaan tersebut tidak cermat maka plankton bisa tidak tumbuh atau akan semakin banyak sehingga kualitas air bisa berubah-ubah dan menyebabkan ikan merasa tidak nyaman.

Untuk mendukung pertumbuhan plankton bisa dengan bantuan pemberian probiotik. Tebar Boster Manstap minimal 1 minggu sekali, tebar fermentasi (Boster Plankton+Boster Aquaenzym). Untuk mengendalikan kepadatan plankton bisa gunakan jenis probiotik dari jenis Bacillus Licheniformis yang digunakan untuk umur lebih dari 40 hari. Tebar Boster Blue Copper 1 ppm, 1-2 harinya tebar Boster Sel Multi.

Pemberian pakan harus selalu tersedia di dalam kolam. Aturlah frekuensi pemberian pakan dengan tepat sekaligus menambahkan multivitamin atau suplemen booster pada pakan ikan lele. Penambahan multivitamin akan membuat pakan untuk lebih mudah dicerna. Pemberian pakan harus dilakukan secara benar supaya ikan lele dapat berkembang dengan baik.

Kesehatan ikan lele harus selalu dijaga setiap saat. Hal tersebut bertujuan dominasi probiotik dan patogennya lebih mudah dikendalikan. Buanglah kotoran secara teratur dan gunakan antiseptik agar air lebih steril. Penggunaan probiotik bisa dilakukan keesokan harinya.

Tetaplah menjaga kondisi keasaman air atau pH air tetap stabil supaya tidak merusak kualitas air kolam karena sangat berpengaruh pada perkembangan ikan lele. Pemberian vitamin C dan immunostimulan sangat dianjurkan dan bisa diberikan kepada ikan lele saat dibutuhkan saja.

Budidaya ikan lele dengan sistem booster bisa dicoba untuk dilakukan. Meskipun terbilang metode ini masih baru, tetapi keberhasilan dalam membudidayakan ikan lele sangat baik. Ikan lele dapat berkembang dengan baik hingga masa panen dengan menggunakan metode ini. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam melakukan budidaya ikan lele.

Incoming search terms:

  • fermentasi sistem boster
  • https://www ikanlele net/budidaya-ikan-lele-dengan-sistem-booster/
  • booster untuk ph air kolam lele
  • budidaya lele sistem boster
  • metode blooster perhitungan pakan ikan apa saja
  • pembesaran ikan dengan boster
Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Booster | ikanlele | 4.5