Budidaya Ikan Lele di Lahan Sempit

Bagi seorang budidaya ikan lele yang memiliki semangat yang kuat dan kerja keras yang tinggi dalam melakukan suatu usaha, memiliki fasilitas sedikit bukan suatu masalah yang besar untuk dihadapi. Sering kali dalam melakukan usaha kita terhalang oleh beberapa hal, salah satunya kurangnya fasilitas yang akan kita gunakan.  Sama halnya dengan kita akan melakukan usaha ikan lele, ada juga hal yang harus kita hadapi seperti terbatasnya lahan yang akan kita gunakan budidaya. Dalam melakukan usaha ikan lele dilahan sempit hal yang perlu kita persiapkan adalah lahannya, namun jika kita mempunyai lahan terbatas apakah masih bisa digunakan???jawabannya bisa.

budidaya-ikan-lele-dilahan-sempit

Ada beberapa langkah untuk budidaya ikan lele di lahan yang sempit:

  • Kolam yang digunakan untuk budidaya dilahan yang sempit ini kita bisa menggunakan kolam terpal. Cara membuatnya yaitu buatlah kotak dipagar kayu yang berbentuk kotak lalu sesuaikan ukuran berdasarkan luas lahan. Kemudian tutup pagar kayu dengan terpal dan pastikanlah pagar kayu tertutup semua sehingga pagar berbentuk kotak. Lalu pakulah setiap tepi terpal
  • Tuanglah benih sesuai tempatnya, karena lahan yang digunakan sempit maka sebaiknya kita tidak menuang benih terlalu banyak. Agar benih yang ada dikolam dapat berkembang denagan baik. Selain itu air yang akan digunakan jangan terlalu banyak juga.
  • Dalam budidaya ikan lele di lahan yang sempit, kita bisa beri pakan lele kita dengan pelet, daun pepaya yang sudah dicincang, atau sayuran yang lainnya. Pastikan pakan ini sudah dalam keadaan bersih dan sehat untuk ikan lele. Berikan juga juga pakan pada ikan lele secara selang-seling dengan sayuran, cara ini ikan lele yang kita dapat akan memiliki kualitas yang lebih baik dan bagus dari pada lele yang hanya makan pelet saja. Sehingga budidaya ikan lele dilahan yang sempit ini bisa jadi lebih maksimal.
  • Untuk menghasilkan kualitas lele yang bagus maka kita perlu menggunakan aerator sebagai tambahan dari pemasokan oksigen didalam kolam terpal. Budidaya ikan lele dengan menggunakan lahan sempit ini dalam penggunaan terpal akan menghasilkan yang lebih baik lagi dengan kita menggunakan aerator. Dengan aerator ini juga, ikan lele dapat terangsang nafsu makannya sehingga ikan lele cepat mudah gemuk dan besar-besar. Hal ini tentunya akan membuat kita menjadi untung.

Jadi meskipun kita menggunakan lahan yang sempit dalam budidaya ikan lele kita, kita masih dapat melakukan usaha ikan lele. Tentu hal ini harus ada cara untuk melakukannya, dan kita harus benar-benar mampu untuk melakukannya. Meskipun lahan yang sempit tapi kita bisa manfaatkan sebagai usaha dalam budidaya ikan lele. Jadi tidak perlu khawatir jika kita hanya mempunyai lahan yang terbatas, karena lahan terbataspun mampu kita jadikan tempat untuk usaha.

Baca juga:

Dalam penggunaan lahan yang sempit, kita bisa juga membuat rumah susun lele. Pembuatan ini juga bisa menggunakan  lahan yang sempit.  Kita bisa mengkreasikan lahan yang kta miliki untuk melakukan suatu usaha. Lahan yang sempit bisa kita kreasikan dalam melakukan usaha. Dengan lahan yang terbatas maka kita juga harus mampu untuk membuat tempat yang dijadikan lahan untuk usaha agar bersifat sederhana dan tidak menampakkan keterbatasannya lahan. Mungkin ada beberapa cara untuk mengkreasikan lahan sempit kita, namun itu dapat kita sesuaikan berdasarkan keinginan kita sendiri. seperti contoh kreasi tempat yang menggunakan lahan sempit adalah rumah susun lele.

Budidaya Ikan Lele di Lahan Sempit | ikanlele | 4.5