Cara Melakukan Pembibitan Ikan Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang sudah mulai menarik perhatian para pelaku usaha budidaya ikan lele, karena usaha ini memiliki banyak keunggulan. Dalam waktu yang relatif singkat usaha ikan lele sangkuriang ini dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi selain itu dalam usaha ikan lele sangkuriang ini juga kita tidak perlu khawatir akan penyakit yang dapat menyerang ikan lele, karena ikan lele sangkuriang ini tahan terhadap penyakit. Lele sangkuriang ini cara pembudidayaannya juga sangat mudah dan sederhana tidak perlu susah payah atau repot-repot untuk budidayanya.

Hal ini membuat masyarakat semakin berminat untuk melakukan ternak ikan lele sangkuriang. Maka untuk itu perlu pelatihan atau pembelajaran dalam usaha budidaya ikan lele. Namun disini kita tidak akan membahas bagaimana cara pem belajaran budidaya ikan lele sangkuriang namun kita akan membahas cara belajar pembibitan ikan lele sangkuriang. Tujuan belajar pembibitan ikan lele ini untuk memberikan pengetahuan tentang cara pembibitan ikan lele sangkuriang yang benar, dan menciptakan keterampilan yang baik bagi para pelaku usaha ikan lele sangkuriang.

 cara melakukan pemijahan ikan lele sangkuriang

Dalam melakukan pembibitan terhadap ikan lele sangkuriang, pembibitan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang pertama dengan cara teknologi, cara ini dilakukan dengan suntik kawin. Dan yang kedua adalah dengan cara pembuahan alami. Dalam memproduksi ikan lele sangkuriang, cara yang baik dilakukan untuk pembibitan ikan lele sangkuriang adalah dengan cara pembuahan alami. Hal ini dilakukan karena dengan memproduksi bibit secara alami maka bibit yang dihasilkan akan memiliki tubuh yang sehat dan bergizi.

Baca juga:

Selain itu dalam pembibitan secara alami akan menghasilkan ikan lele yang berkualitas dan memiliki nilai tinggi. Dalam melakukan pembibitan terhadap ikan lele sangkuriang, kegiatan awal yang perlu dilakukan adalah pembenihan terlebih dahulu. Tanpa pembenihan maka tidak akan terlaksananya pendederan dan pembesaran ikan lele. pembenihan ini dapat dilakukan secara intensif dan semi intensif. Untuk mempercepat pembenihan pada ikan lele, kita bisa menambahkan hormon pada iakan lele

Penetasan telur ikan lele sangkuriang merupakan suatu yang penting dalam pembibitan ikan lele sangkuriang. Jika tidak ada telur yang ditetaskan maka tidak akan ada bibit yang dapat dibudidayakan. Penetasan telur  lele sangkuriang ini harus disiapkan bersamaan dengan persiapan pemijahan, dan tempat yang akan dijadikan penetasan telur lele nanti. Jika telur lele sudah menempel pada kakaban maka telur-telur tadi harus dipindahkan, jika tidak dipindahkan maka dikhawatirkan telur-telur tadi akan dimakan oleh induknya sendiri.  Setelalah telur tadi sudah ada dikolam penetasan maka kakabahan diletakkan  dengan posisi yang rata dan pastikan semua kakabahan terendam didalam air.

Jika seandainya ada telur yang tidak terendam air, maka dapat dipastikan kalau telur tersebut tidak dapat menetas. Kita jangan lupa selama penetasan, kita harus sering melakukan pengontrolan terhadap telur-telur tersebut. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya binatang liar yang masuk seperti kodok dan ular. Telur-telur ikan lele ini biasanya menetas selama 22-24 jam. Selama proses penetasan, kita harus pastikan bahwa ada air yang masih mengalir.

Ikan lele yang sudah menetas dapat kita lihat di permukaan dasar kolam penetasan tersebut. benih-benih ikan lele akan saling berkumpul dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang bewarna hijau, hitam atau bahkan kecoklat-coklatan. Jangan lupa setelah telur-telur sudah menetas maka kita harus angkat kakabahan secara hati-hati, jika kakabahan terlambat diangkat maka dapat menimbulkan telur-telur yang tidak menetas dapat membusuk . Jadi kita harus banyak memperhatikan hal-hal yang penting dari awal proses penetasan sampai sudah terjadinya penetasan.

Incoming search terms:

  • pembibitan lele sangk
Cara Melakukan Pembibitan Ikan Lele Sangkuriang | ikanlele | 4.5