Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik

Salah satu keberhasilan budidaya ikan lele adalah proses pemberian pakannya. Proses pemberian ini juga berpengaruh terhadap kualitas airnya, selain itu juga berpengaruh terhadap meratanya pertumbuhan ikan lele dan  tingkat kematiannya juga. Berikut ini adalah cara untuk memberi pakan ikan lele yang baik, yaitu :

  • Berikan ikan lele pakan secara teratur dan sesuai jadwal
  • Ukuran pelet dengan ukuran ikan lele harus sesuai atau sama
  • Basahi pelet sampai pelet mulai mengembang
  • Tambahkan juga probiotik pada pakan ikan lele
  • Berilah pakan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan
  • Tebarkan pakan lele secara merata
  • Jaga kondisi kolam ikan lele agar tetap tenang
  • Hindarkan tambahan pakan yang masih mentah

cara-pemberian-pakan-ikan-lele-agar-cepat-besar

Pemberian pakan pada ikan lele itu penting, karena itu merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan. Pemberian pakan ikan lele ini juga akan berdampak terhadap hasil produksi yang akan didapati nanti.  Bila pemberian pakannya baik maka otomatis hasil produksi yang didapat pasti juga maksimal. Kita jangan sampai salah dalam memberikan pakan pada ikan lele, itu dapat mengakibatkan kegagalan atau buruknya hasil produksi.  Kesalahan ini juga dapat berakibat pada benih atau bibit lele karena dapat membuat pertumbuhan bibit atau benih ini berjalan lambat, bibit dan benih juga akan mudah terserang penyakit dan yang paling membahayakan adalah dapat berakibat pada kematian. Kesalahan dalam pemberian pakan lele ini sering terjadi karena faktor produsen yang kurang faham atau belum mengetahui tata cara yang benar tentang pemberian pakan pada ikan lele. Jadi mereka memberikan pakan ikan lele tidak sesuai dengan tata cara yang sudah ada.

Biasanya hal yang paling sering dilupakan oleh produsen adalah waktu pemberian pakan ikan lele. Waktu ini sangat penting dalam pemberian pakan ikan lele yang baik. Pemberian pakan ini dilakukan setiap pagi dan jangan sampai memberi makan ikan lele sebelum jam 9, karena menurut beberapa ahli pada waktu pagi sebelum jam 9 permukaan air dalam kolam ikan lele masih tercemar oleh zat-zat yang berbahaya, yang dibawa oleh udara. Jadi kita harus memberikan pakan pada ikan lele saat masih pagi sekali, karena jika sampai melewati jam 9 maka zat-zat yang berbahaya tadi dapat berubah menjadi racun dan dapat membahayakan kehidupan ikan lele. Hal seperti ini harus benar-benar diperhatikan agar kita tidak melakukan kesalahan dan mengakibatkan kerugian.

Baca Juga:

Faktor yang biasa dilupakan juga adalah persiapan dalam pemberian pakan ikan lele. Meskipun terlihat sepele namun hal ini sering dilupakan oleh pelaku produsen dalam tata cara pemberian pakan ikan lele. Hal ini juga penting dalam produksi ikan lele, dalam segala sesuatu pasti butuh persiapan tanpa adanya persiapan maka tidak akan berjalan dengan baik. Maka dalam pemberian pakan pada ikan lele juga perlu persiapan, apa saja yang harus disiapkan oleh kita. Yang harus dipersiapkan adalah jenis pakan apa yang diberikan pada ikan lele, pengecekan pada pakan ikan lele apakah baik atau tidak untuk ikan lele dan pada saat pemberian makan lihatlah air kolam apakah air kolam terlihat berubah, karena mungkin bisa jadi air tercemar oleh zat-zat berbahaya tadi.

Dan yang terakhir yang mungkin sering dilupakan juga oleh produsen adalah cara memberi makan ikan lele. Cara memberi makan yang baik dan benar juga wajib diketahui oleh semua produsen ikan lele, agar dalam melakukan pemberian makan pada ikan lele tepat sesuai dengan tata caranya. Tapi pada saat pembenihan pakan yang diberikan itu biasanya bersifat alami seperti cacing sutera, pemberiannya dengan cara disebar.

Incoming search terms:

  • cara memberi pakan lele agar cepat besar
Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik | ikanlele | 4.5