Cara Memilih Indukan Ikan Lele Untuk Pemijahan

Dalam usaha budidaya ikan lele kita sudah pernah mendengar kata pemijahan dalam budidaya ikan lele. Pemijahan ini juga merupakan salah satu proses dalam usaha budidaya ikan lele. Pemijahan merupakan cara untuk menyatukan antara ikan lele betina dengan ikan lele jantan pada kolam yang sama dan akhirnya melakukan pembuahan dan menghasilkan telur. Namun dalam proses pemijahan kita harus memilih induknya terlebih dahulu, tentu induk yang kita pilih tidak boleh sembarangan. Induk yang kita pilih harus dalam keadaan baik dan tidak mengalami cacat atau terserang penyakit.

cara-memilih-indukan-ikan-lele

Pemilihan induk ikan lele yang baik merupakan suatu persyaratan yang harus kita lakukan dalam melakukan kegiatan pembenihan. Kita harus bisa melakukan seleksi dengan baik, maka jika tidak benih yang kita hasilkan juga tidak akan baik juga. Dalam memilih induk ikan lele, kita harus bisa memilih induk ikan lele yang unggul.Hal ini dapat berpengaruh dari kualitas benih yang dihasilkan. Ada beberapa cara untuk memilih induk ikan lele untuk pemijahan yaitu:

  1. Kita harus cari induk ikan lele yang organ tubuhnya lengkap dan normal
  2. Pastikan umur induk betina mencapai 1,5 tahun
  3. Pastikan juga umur induk jantan mencapai 1 tahun
  4. Pastikan bobot induk ikan lele minimal 1 kilogram
  5. Tubuh betina tidak boleh berlemak dan gemuk
  6. Jantan harus bertubuh langsing dan rongga di perut tidak boleh berlemak
  7. Alat kelamin dari kedua induk normal dan kemerah-merahan perawatan FCR rendah

Setelah kita sudah melakukan seleksi maka untuk induk ikan lele maka langkah selanjutnya adalah untuk pemijahannya:

  1. Pertama, masukkan induk betina di dalam wadah yang terpisah dan dipuasakan
  2. Lakukan pengecekan kematangan telur dengan menggunakan kateter
  • Letakkan telur diatas cawan ynag sudah tersediakan setelah itu satukan telur dengan yang lainnya agar dipijah

Baca juga: Cara Pemijahan Ikan Lele Sangkuriang

Proses pemijahan ini dilakukan sesudah kita melakukan seleksi terhadap induk ikan lele. kita harus melakukan seleksi ini secara rutin dan sebaiknya seleksi ini dilakukaan pada saat induk ikan lele siap dipijahkan. Hal ini untuk mempermudah dalam pengambilan, pematangan telur dengan memberikan pakan khusus terpisah dengan induk ikan lele ynag belum matang gonadnya. Kita juga harus perhatikan kondisi induk ikan lele kita, jangan sampai induk ikan lele kita mengalami stres karena jika hal tersebut terjadi maka akan dapat mempengaruhi dalam proses pemijahan. Untuk itu jika kita mengetahui keadaan induk ikan lele kita kurang baik, kita harus segera menanganinya dengan baik. Untuk menghindari agar ikan lele tidak stres yaitu dalam menangani ikan lele sebaiknya harus dengan cara yang halus dan lembut, karena hal ini dapat menghindari agar induk ikan lele kita tidak mengalami stres.

Jadi pada kesimpulannya cara memilih induk ikan lele untuk pemijahan haruslah yang baik dan sehat. Selain itu harus normal dan lengkap, induk juga jangan sampai mengalami stes karena hal ini dapat mempengaruhi dalam proses pemijahan.  Harus perhatikan banyak hal dalam pemilihan induk ikan lele, jangan sampai salah kita dalam memilih. Ini penting dalam proses pemijahan, jadi ketelitian dan perhatian ynag khusus sangat diperlukan dalam pemilihan induk ikan lele. jika pemilihan yang kita lakukan benar maka dalam pemijahan induk ikan lele kita nanti kita juga mendapatkan hasi l telur yang baik.

Incoming search terms:

  • indukan lele
Cara Memilih Indukan Ikan Lele Untuk Pemijahan | ikanlele | 4.5