Cara Mudah Ternak Lele di Kolam Terpal

Dalam melakukan budidaya ikan lele banyak cara yang harus dilakukan, namun ini ditentukan berdasarkan sarana yang digunakan. Jika kita menggunakan kolam terpal dalam pembuatan kolamnya maka cara yang dilakukan tentu berbeda dengan kolam ya ng lainnya. Perbedaan ini bisa terlihat dengan cara pembuatannya dan bahan yang digunakan. Biasanya kolam dari terpal ini sangat mudah dalam pembuatannya selain itu pembuatan dalam kolam terpal ini juga sangat murah.

cara-mudah-membuat-kolam-ikan-lele

Bahan untuk Membuat Kolam Terpal

Bahan yang digunakan untuk membuat kolam terpal adalah:

  1. Terpal dengan ukuran yang sudah disesuaikan.
  2. Kayu
  3. Batu bata
  4. Tali
  5. Paku
  6. Kawat
  7. Alat yang lain seperti lem dan ember

Dalam penggunaan kolam terpal ini banyak yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kedalaman air. Dalam penggunaan kolam terpal, kita harus buat kolam jangan terlalu dangkal karena akan membuat penguapan dan ini membuat ikan menjadi terlalu panas. Hal ini juga dapat membuat ikan mengalami kelelahan dan akhirnya mati. Namun hal ini dapat kita cegah dengan cara menambahkan air yang sudah surut agar kembali ke posisi yang sudah kita tentukan tadi. Selain itu kita juga dapat menambahkan tanaman air seperti enceng gondok, talas, teratai dan juga kangkung. Ini berfungsi sebagai peneduh dan penyerap racun yang terkadung dalam kolam.

Kondisi Air yang Baik Untuk Kolam Terpal

Untuk penggunaan kolam terpal ini kebersihan air itu wajib dijaga dengan baik. Karena biasanya kondisi air yang digunakan untuk budidaya ikan terpal ini terbilang agaka kotor, namun meskipun begitu lele  tetap dapat berkembang  dan bertahan hidup dengan baik. Hal ini juga  dapat membuat budidaya ikan lele cepat panen  dengan menggunakan kolam terpal. Meskipun begitu kita tetap harus menjaga kersihan air dalam kolam terpal, kita harus selau melakukan pergantian air sesuai dengan kondisi airnya.  Walaupun kita tahu bahwa lele dapat tahan terhadap berbagai macam kondisi air namun kita kita harus menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan. Pergantian air ini biasanya dilakukan dengan membuang 10-30% air dikolam.

Baca juga:

Budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal ini juga berpengaruh dalam populasi ikan lele. Harus diperhatikan dalam pembuatan kolam terpal ini kita harus memperhatikan jumlah populasi dan luas kolamnya. Jika kita memperkirakan populasi ikan lele sebanyak 100 ekor maka luas kolam terpal yang kita butuhkan adalah P2xL1mxT 0,6m. Jika kita ingin menambah dalam jumlah yang banyak kita hanya tinggal mengkalikan saja dengan lebarnya tadi.

Pemberian pakan Ikan Lele Kolam Terpal

Untuk pemeliharaan bibitnya, sebelum kita masukkan bibitnya ke dalam kolam maka sebaiknya kita sudah isi kolam dengan air terlebih dahulu , selanjutnya berikan pupuk kompos dari kotoran sapi ke dalam air kemudian biarkan selama 3 hari, ini berfungsi untuk membuat agar kaya akan plakton dan cara ini dapat membuat plakton mampu hidup dan berkembang. Namun agar plakton tadi cepat berkembang maka lele sebaiknya juga disuplay dengan menggunakan makanan palet. Ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, hal ini akan jauh lebih baik bila dilakukanlebih dari 2 kali dan dengan porsi yang sedikit tentunya. Selain palet, hal yang dapat digunakan suplay ikan lele adalah bekicot, kerang, keong, emas, rayap dll. Makanan alami ini selain untuk menghemat pengeluaran namun juga dapat bermanfaat sebagai penunjuang kebutuhan gizi lele. jadi alangkah baiknya kita menggunakan makanan alami ini saja untuk mengsuplay ikan lele.

Incoming search terms:

  • bagaimana kalau kolam lele dikasih teratai
  • cara buat kolam ikan
  • cara menciptakan plakton di kolam terpal
Cara Mudah Ternak Lele di Kolam Terpal | ikanlele | 4.5