Cara Pembuatan Pakan Ikan Lele Organik

Ada beberapa cara dalam budidaya ikan lele organik, salah satunya dengan kotoran lumut, kapur gamping, kapur pertanian, dan lain sebagainya. Namun ada salah satu teknik yang sering digunakan para peternak ikan lele untuk budidaya yaitu dengan menggunakan kotoran sapi. Dalam penggunaan kotoran sapi ini ini berfungsi agar produksi lele meningkat dan kolam lele tidak berbau. Penggunaan ini bukan kita berikan secara langsung kotoran sapinya namun kita proses terlebih dahulu agar menjadi beberapa macam kompos yang berguna untuk pakan sekaligus media pengembangan.

cara membuat pakan ikan lele organik

Pembuatan Pakan dengan Bahan Organik

dalam memulai budidaya hal yang pertama dilakukan kita perlu menyiapkan media yaitu kolam lele. kita tidak perlu membuat kolam ikan lele dengan menggunakan tanah karena kita nanti akan menggunakan kompos dengan kotoran ternak yang berfungsi tempat berkembang biak mikroorganisme. Namun kita bisa menggunakan bahan semen maupun terpal dalam pembuatannya. Ukuran yang diperlukan untuk pembuatan kolam ikan lele dapat disesuaikan dengan luas lahan yang kita miliki. Namun harus anda ketahui semkinluas kolam yang anda buat maka akan lebih baik usaha yang akan anda lakukan, karena ini juga berpengaruh dalam tebar dan waktu fermentasi  yang lebih hemat.

Bahan yang perlu disiapkan dalam pembuatan kompos sebagai pakan lele organik yaitu siapkan kotoran sapi sebanyal 1 kwintal, siapkan juga prebiotik, tetes tebu 2 kg, tepung terigu dan pupuk urea 2 sendok. Kemudian kita campurkan semua bahan tadi kedalam satu adoanan setelah itu masukkan kedalam kotoran sapi. Jangan biarkan kotoran sapi tadi sampai kering atau terlalu basah, pastikan kondisinya tetap dalam keadaan lembab. Setelah semuanya  sudah maka kita aduk sampai rata.

Baca juga:

Ini sudah bisa kita jadikan sebagai kompos, setelah sudah siap masukkan bahan kompos yang tadi kita buat kedalam kolam yang masih kosong . masukkan kompos tadi sampai menutupi semua media dengan ketinggian 5-15cm. Kemudian kita tambahkan air sampai mencapai ketinggian air 30cm lalu kolam kita bungkus dengan plastik tebal. Kita tunggu agar kompos berfermentasi selama 15-20 hari. Setelah sudah 15 hari kita sudah bisa membuka terpal dan bau yang biasanya ada menjadi tidak ada. Didalam media juga sudah kita temukan banyak berbagai macam mikroorganisme dan larva kecil. Ini nenandakan bahwa fermentasi dan pemupukan sudah berhasil.

Teknik pemberian pakan pada budidaya ikan lele organik

Makanan dan benih pertama ikan lele adalah plakton dan flok dalam kolam ikan lele, namun tidak hanya itu saja pakan buatan itu juga penting seperti pelet kita berikan secara rutin dan terus menerus tapi tidak sebanyak pemberiannya pada lele yang menggunakan sistem air terbuka dan kolam semen biasa. Pemberian pelet sebaiknya dilakukan dua kali sehari setiap jam 6 pagi dan jam 6 sore. Selain itu kita juga harus mengistirahatkan pencernaan ikan lele selama 12jam. Pemberian pakan ini secukupnya saja jangan terlalu berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan lele.

Teknik pembersihan kolam lele organik

Dalam melakukan pembersihan kolam untuk jenis lele organik kita tidak terlalu sulit untuk melakukannya. Ini dapat dilakukan dengan mudah dan ringan dan tidak begitu repot juga karena kita tidak memerlukan waktu dan tenaga yang banyak untuk melakukannya. Yang penting yang harus dilakukan adalah kita harus tetap menjaga kestabilan pH airnya. Karen pH air ini penting untuk pertumbuhan mikroorganisme. Jika pH dalam air memburuk maka akan dapat merusak ekosistem yang ada didalam kolam bahkan menjadi racun bagi organisme yang ada didalamnya

Incoming search terms:

  • cara mudah membuat pasta untuk pakan larva ikan lele
  • budidaya lumut dengan kotoran sapi untuk pakan lele
  • cara memijah benih lele dengan kompos
  • Kompos lele
  • pakan lele organik
Cara Pembuatan Pakan Ikan Lele Organik | ikanlele | 4.5