Konstruksi Kolam Ikan Lele Sistem Booster

Konstruksi kolam yang menggunakan metode booster sangat berbeda dengan jenis kolam yang lain. Biasanya budidaya dengan metode lain menggunakan kolam ikan lele pada umumnya untuk melakukan budidaya. Kolam yang biasa sering digunakan seperti kolam tanah, kolam beton, dan kolam terpal.

Berbeda dengan metode booster yang harus menggunakan kolam jenis tertentu untuk mendukung keberhasilan sistem booster ini. Kolam yang digunakan berbeda dengan kolam yang biasa sering digunakan. Peternak yang ingin melakukan budidaya kolam ikan lele dengan sistem booster harus mengenal terlebih dahulu bagaimana rekonstruksi kolam ikan lele sistem booster.membuat-kolam-sistem-boosterDalam kolam booster harus memiliki central drain. Central drain berfungsi sebagai tempat pembuangan air. Pada kolam ini, letak pembuangannya berada di dasar kolam dan di tengah. Central drain merupakan saluran yang memanfaatkan grafitasi untuk mengumpulkan segala endapan organik sisa pakan dan feses ikan yang tidak berguna dan kemudian dihisap keluar dengan membuka saluran pembuangan. Panjang kolam maksimal untuk sistem booster adalah ukuran 4 meter x 4 meter namun menggunakan ukuran yang lebih kecil tidak bermasalah asalkan pipa pembuangan terpasang dengan baik. Jangan lupa memasang kasa pada dasar kolam supaya ikan tidak ikut terhisap saat saluran pembuangan dibuka.

Untuk pembuangan limbah bisa dilakukan dengan cara menurunkan air kolam 10 cm atau 20 cm. Pipa tersebut untuk mengatur sirkulasi udara pada dasar kolam. Pipa orange untuk sirkulasi 10 cm sedangkan pipa orange dan hijau untuk sirkulasi 20 cm. Pipa orange berfungsi untuk mengeluarkan air yang berlebihan dari kolam. Jika permukaan air meninggi karena ada curah hujan maka peningkatan ketinggian air yang tidak diharapkan akan masuk ke pipa orange. Air hujan yang ada di permukaan air memiliki sifat asam dan banyak polutan. Air hujan tidak baik untuk budidaya ikan lele sehingga harus dikeluarkan, salah satunya melalui pipa orange.

Baca juga:

Pipa yang terletak pada siku berfungsi untuk pengeringan setelah habis panen, Setelah melakukan panen maka harus dilakukan pengeringan pada kolam tersebut, jadi peternak bisa mengangkat pangkal pipa yang terletak pada siku kolam. Pengeringan kolam dilakukan untuk menjaga kebersihan kolam namun dalam sistem booster tidak mengharuskan terlalu sering melakukan pengeringan kolam. Jika ingin membersihkan kolam bisa mengangkat pipa yang terletak pada siku kolam.

Pasang satu pipa pembuangan yang diletakan di tengah kolam. Sebaiknya menggunakan pipa berukuran besar karena semakin besar pipa akan semakin lancar pembuangan limbahnya. Akan lebih bagus jika kolam dibuat bundar dengan diameter 4 dan kemiringan dasar kolam juga besar supaya lebih memudahkan dalam pembuangan. Kolam bundar adalah bentuk ideal untuk sistem booster supaya sirkulasi udara bisa tersebar secara merata pada kolam tersebut.

Batas tinggi air dari permukaan kolam adalah 100 cm. Hal tersebut bertujuan supaya air dalam kolam tidak meluap sewaktu-waktu. Hindari pengisian kolam secara berlebihan namun jangan terlalu sedikit. Itu semua dilakukan untuk mengantisipasi jika nantinya ada air hujan yang menyebabkan peningkatan ketinggian air.

Konstruksi kolam ikan lele dengan sistem booster harus dibuat sebaik mungkin untuk mendukung keberhasilan budidaya ikan lele hingga masa panen. Kegagalan dalam budidaya ikan lele bisa terjadi adanya kesalahan dalam melakukan konstruksi ikan lele terutama dalam pemasangan pipa pembuangan. Namun hal paling terpenting dalam konstruksi kolam ikan lele tersebut adalah penggunaan central drain yang dipasang pada dasar kolam.

Incoming search terms:

  • cara membuat kolam lele sistem boster
  • https://www ikanlele net/konstruksi-kolam-ikan-lele-sistem-booster/
  • konstruksi kolam central drain
  • cara membuat kolam central drain
  • budidaya ikan lele sistem boster
  • sistem booster lele
  • kolam lele sistem boster
  • cara pembuatan kolam lele sistem boster
  • konstruksi kolam beton
  • kolam boster dr terpal
Konstruksi Kolam Ikan Lele Sistem Booster | ikanlele | 4.5