Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Komet

Hai Geng …. !!

Kali ini saya akan menshare bagaimana sih peluang usaha budidaya Ikan Hias. Sebelum lanjut ke tulisan berikutnya, saya mau nanya deh.

Siapa sih yang ngak menyukai ikan hias?

siapa juga yang ngak tahu ikan hias?

budidaya ikan hias komet

Bahkan sekarang, mengkin sebagian rumah di Indonesia memiliki akuarium yang mempunyai berjenis-jenis ikan. Ada ikan Komet, Koki, Arwana, Cupang, Disscus, Guppy dan masih banyak lagi yang ngak bisa disebutin satu-persatu. Bagi mereka yang menyukai rumah yang berhawa nature atau alam, memelihara ikan adalah hukum mutlak yang ngak mungkin tertinggal. Karena dengan adanya ikan Hias disekitar mereka, menurut mitos akan mengurangi sedikit rasa stress akibat kerja yang melelahkan juga memperbaiki mood yang sedang memburuk.

Kembali kepembahasan awal, disini saya akan memberi tips kepada para pecinta ikan Hias, bagaimana hobbi kalian bisa menghasilkan dengan cara membudidayakan Ikan Hias Komet,

Kalian pasti mikir, kenapa harus Ikan Komet? Tidak Ikan Nirwana atau Koki yang memang lebih buming?

cara memelihara ikan komet di kolam,cara memelihara ikan komet dalam aquarium,budidaya ikan komet di aquarium,harga ikan komet,budidaya ikan hias komet,contoh cara pemijahan ikan komet,

Jawaban saya, karena Ikan Hias Komet adalah ikan hias yang sangat mudah dibudidayakan daripada ikan  hias lainnya. Pemeliharaannya bisa dalam kolam bahkan juga bisa hanya diakuarium asalkan akuarium harus dipastikan benar-benar bersih untuk mencegah jamur maupun bakteri menempel. Ikan Komet mempunyai bentuk seperti ikan koki namun, ikan Komet memiliki banyak variasi warna yaitu  kuning, orange, merah, putih,dan hitam, ekor yang panjang, serta bentuk dan gerakan yang menarik. Ikan Komet juga memiliki ukuran tidak lebih dari sebuah jari orang dewasa, sedangkan paling besar hanya seukuran dengan empat jari orang dewasa. Hal inilah yang membuat ikan Komet terlihat indah  ketika berenang bolak-balik di akuarium.

Dalam pemasarannya ikan Komet yang memiliki ukuran dua jari orang dewasa akan lebih banyak diminati para penghobi karena lebih cocok untuk disimpan dalam aquarium, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Oleh karena itu, ikan Komet yang berukuran dua jari orang dewasa memiliki harga yang rata-rata tinggi untuk seekor ikan yaitu Rp. 2.500/ekor, sedangkan yang memiliki ukuran sejari memiliki harga rata-rata Rp. 1.000/ekor. Untuk yang berukuran tiga jari orang dewasa biasanya akan dijadikan sebagai induk berproduksi, sekalipun seekor ikan saja memiliki harga Rp. 5.000.

Apabila dijual perkilonya, harga ikan Komet bisa mencapai Rp. 25.000-50.000/kilo dan bukankah ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan??

Jika memang Anda ingin membudidayakan ikan Komet, setidaknya harus memiliki ikan Komet dewasa sebanyak 300 ekor. Dikarenakan ikan Komet memiliki kemampuan  bertelur tiap tiga bulan sekali selama dua tahun dan masa panen 20 hari sekali, maka kita tidak akan pernah kehabisan pasokan. Selain itu kita harus bisa memilih bibit yang baik, pemberian pakan yang memiliki kualitas bagus, perawatan kebersihan kolam, tidak lupa cara pemasaran yang unik dan berbeda sesuai dengan ikan Komet. Bukan hanya itu saja, semua jenis pakan hias lainnya bisa kita berikan untuk merawat ikan Komet, jadi tidak usah takut jika kita kehabisan stok pakan yang biasa diberikan pada ikan Komet.

Berdasarkan hal tersebut, budidaya Ikan Komet memiliki peluang usaha yang besar di Indonesia. Walau harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit pada awal mula tapi tidak ada ruginya juga ketika segala hal sudah dikaitkan dengan hobbi maka harga tidak akan menjadi pertimbangan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk  membuka usaha budidaya ikan Komet?

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba ….

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Komet | author | 4.5