Pembesaran Ikan Lele Dumbo Di Kolam Terpal

Kolam terpal merupakan kolam yang yang dindingnya terbuat dari terpal. Keuntungan menggunakan terpal ini adalah kita jadi lebih hemat dalam penggunaan kolam terpal ini karena tidak perlu menggunakan semen, lele yang kita produksi juga akan tampak lebih bersih dan sehat, ikan lele juga jarang terkena penyakit, selain itu ikan lele akan lebih aman dari pemangsa liar seperti ular, kita juga jadi lebih mudah dalam pergantian air dan juga panen nanti.

pembesaran-ikan-lele-dumbo-di-kolam-terpal

Tahap Pembesaran Ikan Lele Dumbo

Untuk melakukan pembesaran ikan lele dumbo dikolam terpal ada beberapa yang perlu kita perhatikan:

  1. Hal pertama yang harus kita perhatikan yaitu pergantian air dan penambahan air pada kolam ikan. Jika air sudah kotor, maka air harus kita ganti. Pergantian air ini dilakukan setiap satu bulan sekali untuk bulan pertama dan kedua. Untuk bulan ketiga kita dapat melakukan pergantian air setiap dua minggu sekali. Karena pada bulan ketiga ini populasi ikan lele semakin padat dan tentu pemberian pakan yang harus kita beri juga banyak pula. Cara untuk mengganti air yaitu dengan membuka saluran pengeluaran air sampai kering, kemudian disortir dengan memisahkan ikan lele dumbo, ini harus berdasarkan besarnya ikan lele
  2. Hal yang perlu kita perhatikan selanjutnya adalah pemberian pakan pada ikan lele dumbo. Pemberian pakan ikan lele ini dapat kita beri dengan zooplokton dan hyrtoplakton, bahkan kita juga dapat memberikan pakan dengan larva dan juga cacing sutra. Namun untuk pembesaran maka pakan yang harus kita berikan berupa f999 ini diberikan sampai umur ikan lele dumbo 2 minggu, kemudian untuk 781-2 diberikan sampai umur ikan lele 2 bulan. Dan untuk pakan ikan lele 781 ini sampai umur lele siap untuk dipanem.
  3. Hal yang terakhir perlu kita perhatikan untuk budidaya ikan lele dumbo adalah panen. Panen ikan lele dumbo untuk kolam terpal dapat dlakukan secara langsung dan cepat. Jika akan melakukan panen yang cepat maka kita harus memilih ikan lele dumbo terlebih dahulu dan pastikan ikan lele ini sudah layak untuk dikonsumsi, ukuran yang digunakan untuk ikan lele ini sekitar 1 kilogram dengan jumlah 5-10 ekor, atau juga bisa disesuaikan dengan keinginan pasar. Untuk ikan lele yang berukuran kecil, kita pelihara kembali dan kita budidayakan kembali untuk dikembangkan dan dibesarkan terlebih dahulu agar dapat dipanen dan jual dipasaran.

Baca juga: Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Itu beberapa tahap yang harus kita perhatikan sebelum melakukan pembesaran pada ikan lele dumbo. Sebenarnya caranya sama dengan pembesaran ikan lele yang lain, walaupun dalam kolam berbeda namun tidak ada bedanya dengan pembesaran ikan lele dumbo pada kolam yang lainnya. intinya yang harus kita lakukan untuk pembesaran ikan lele dumbo pada kolam terpal yaitu:

Syarat Budidaya Ikan Lele Dumbo yang Baik

  1. Pemberian pakan yang rutin dan banyak mengandung nutrisi. Pakan yang banyak mengandung nutrisi maka akan mempercepat dalam pembesaran ikan lele jenis dumbo
  2. Pemeliharaan ikan lele dumbo yang benar. Pemeliharaan yang benar maka akan menghasilkan lele yang biak, baik dalam kondisinya maupun dalam bentuknya.
  3. Kebersihan kolamnya. Jika kolam yang kita gunakan kolam terpal, maka kita harus membersihkannya dengan cara disikat dan kemudian dikeringkan. Ini berpengaruh juga dalam pembesaran ikan lele dumbo, karena jika kolam yang kita gunakan kotor maka ikan lele tidak akan mudah berkembang bahkan mungkin sama sekali tidak akan berkembang.

Incoming search terms:

  • cara budidaya ikan lele di kolam tanah
  • ikan lele dumbo
Pembesaran Ikan Lele Dumbo Di Kolam Terpal | ikanlele | 4.5