Begini Habitat Ikan Nila Yang Baik Bagi Pertumbuhannya

Posted on

Kenali Habitat Ikan Nila Dengan Baik

Habitat Ikan Nila | Ikan nila adalah jenis ikan konsumsi dengan jumlah permintaan terbanyak di Indonesia, hal ini tentunya menjadi peluang yang cukup terbuka bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang budidaya ikan. Agar bisa menghasilkan ikan dengan kualitas yang bagus, anda perlu mempelajari dan mengetahuinya bagaimana habitat jenis ikan ini, jangan sampai menanam bibit di tempat yang salah.

Habitat Ikan Nila Yang Baik Bagi Pertumbuhannya
Habitat Ikan Nila Yang Baik

Meskipun anda memelihara ikan nila dengan pakan yang bagus dan cukup, jika habitatnya tidak diperhatikan tentu ini akan menjadi masalah karena ikan tidak akan tumbuh dengan baik.

Berikut ini adalah sekilas penjelasan bagaimana habitat ikan nila yang benar agar anda bisa memelihara di tempat yang tepat :

Habitat

Habitat adalah tempat tinggal dan berkembang biaknya suatu makhluk hidu, dimana pada dasarnya habitat adalah lingkungan yang berbentuk fisik yang ada di sekeliling populasi suatu spesies, yang mana ia memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut.

Ikan nila sendiri memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri paling baik dengan lingkungan sekitarnya, artinya ia termasuk jenis ikan yang bisa hidup dengan kondisi lingkungan yang beragam, sehingga ia bisa dipelihara di dataran rendah yang berair payau atau pun di dataran tinggi dengan suhu yang rendah. Ikan ini bisa hidup di air dengan suhu 14 – 38 derajat celcius, hanya saja suhu standar terbaiknya berada di kisaran 25-30 derajat celcius.

Perlu anda ketahui bahwa hal yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan nila adalah salinitas atau kadar garam, dimana jumlah salinitas agar bisa tumbh dengan baik ialah 0 – 29 %. Sebenarnya bisa saja ia hidup di air dengan kadar garam sampai 35% hanya saja ia tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Anda bisa menanam ikan nila di perairan tawar, seperti sawah, sungai, kolam, danau, situ, waduk, rawa dan genangan air lainnya dengan suhu standar seperti yang dijelaskan di atas. Pemeliharaannya pun tergolong tidak sulit, apalagi sudah tersedia makanan alami di habitatnya seperti sawah yang umumnya tersedia lumut atau plankton.

Pastikan anda sudah mengenali habitat ikan nila sebelum menanamnya karena jika salah penempatan maka hasilnya tidak akan maksimal.