Klasifikasi Ikan Nila, Warna Tubuh dan Kerabatnya

Posted on

Bagaimana Klasifikasi Ikan Nila ? Ikan nila dengan nama binomial “Oreochromis niloticus” merupakan jenis ikan peliharaan yang memiliki ukuran sedang, panjang dari ikan ini bisa mencapai sekitar 30 cm yang dihitung dari moncong sampai ujung ekor. Ia memiliki sirip punggung atau disebut juga “dorsal” dengan jumlah 16-17 duri yang tajam, dan memiliki 11-15 jari-jari duri lunak, disamping itu juga memiliki sirip dubur atau “anak” dengan jumlah 3 duri dan 8-11 jari-jari.

Dalam memelihara atau budidaya ikan nila hendaknya memperhartikan detail yang harus dibutuhkan mulai dari pemilihan pakan dan perawatan habitat yang bagus agar bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai klasifikasi ikan nila bisa dilihat pada kolom berikut ini:

 

Kerajaan

: Animalia

Filum

: Chordata

Kelas

: Actinopterygii

Ordo

: Perciformes

Family

: Cichlidae

Genus

: Oreochromis

spesies

: O. niloticus

Warna Tubuh

Warna yang menyelimuti ikan nila berwarna kehitaman atau juga keabuan dengan campuran bentuk warn apita gelap yang melintang atau belang-belang, warna tersebut semakin dewasa akan semakin kabur. Ia memiliki ekor yang bergaris tegak dengan jumlah sekitar 7-12 buah.

Warna bagian tubuh lainnya seperti pada sirip dada, sirip perut, tenggorokan, sirip ekor, dan ujung sirip punggung akan berubah menjadi kemerah-merahan ketika musim berkembang niak.

Jenis dan Kerabat Ikan Nila

Ikan nila sendiri merupakan jenis ikan yang memiliki banyak jenis yang ditemukan oleh ilmuan beberapa tahun yang lalu. Ada beberapa anak jenis ikan nila yang sudah dikenal, diantaranya adalah :

  1. Oreochromis niloticus baringoensis (Trewavas, 1983);
  2. Oreochromis niloticus cancellatus (Nichols, 1923);
  3. Oreochromis niloticus eduardianus (Boulenger, 1912);
  4. Oreochromis niloticus filoa (Trewavas, 1983);
  5. Oreochromis niloticus niloticus ( Linnaeus, 1758);
  6. Oreochromis niloticus sugutae (Trewavas, 1983);
  7. Oreochromis niloticus tana (Seyoum & Kornfield, 1992);
  8. Oreochromis niloticus vulcani (Trewavas, 1983).

Perlu anda ketahui bahwa ikan nila ini sangat berkerabat dengan ikan mujair atau “Oreochromis mossambicus”. Karena kerabatnya itu, ia memiliki sifat yang hampir menyerupai dengan ikan mujair yang suka invasif apabila terlepas dari badan-badan yang alami.

Demikianlah sedikit pembaasan mengenai bagaimana klasifikasi ikan nila itu, dan bagaimana pula warna tubuh dan anak jenisnya.