Pakan Ikan Nila Agar Cepat Tumbuh Besar dan Cepat Panen

Posted on

Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar

Pakan Ikan Nila | Setiap ikan pastinya memiliki jenis pakan masing-masing, namun ikan nila merupakan jenis ikan yang tidak sulit dalam urusan pakan, ia bisa memakan jenis pakan apa saja sehingga pemeliharaannya lebih mudah. Ada banyak jenis makanan yang bisa kita manfaatkan di sekitar kita misalnya daun organik, dedak, atau bisa juga dengan menggunakan azolla dan makanan fermentasi yang memiliki protein tinggi sehingga ia cepat besar.

Nila sendiri termasuk kelompok ikan yang memakan segala atau Omnivora, ia bisa tumbuh dan berkembang dengan segala jenis makanan baik makanan nabati maupun hewani. Jika masih ukuran benih ia makan plankton dan lumut sedangkan jika sudah dewasa ia sebaiknya diberi makanan tambahan sebagai nutrisi protein seperti pelet dan daun talas.

Berikut ini adalah beberapa contoh pakan ikan nila yang terbagi atas 2 bagian yakni alami dan buatan :

Pakan Alami

  1. Azolla Pinnata
  2. Lemna SP
  3. Wolffia
  4. Plankton dan fitoplankton
  5. Sisa sayuran
  6. Ampas Kelapa
  7. Dedak
  8. Daun Talas
  9. Kangkung
  10. Daun singkong
  11. lumut
  12. Sisa Nasi & Roti
  13. Tepung cacing

Pakan Nila Buatan

  1. Maggot
  2. Pelet
  3. Tepung Bekicot atau keong mas
  4. Tepung ikan rucah

Sumber : erakini

Satu hal yang harus anda perhatikan dalam memelihara ikan nila, dan jenis ikan apaun itu, adalah pertumbuhannya. Agar nila bisa cepat tumbuh besar diperlukan perawatan yang serius terutama dari segi pakannya, selain itu juga dari habitat tempat tinggalnya.

Ketahui juga : Berapa Usia Ikan Nila Siap Bertelur ?

Ikan nila ini sangat bergantung pada pengaruh fisika, kimia dan interaksinya dengan lingkungan, ia akan lebih cepat tumbuh jika dipelihara di kolam yang dangkal airnya. Kenapa demikian? karena di kolam dangkal aneka tanaman dan ganggang bisa tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan kolam yang dalam. Selain itu, akan lebih baik lagi jika sebelum diisi air, tanah dasar kolam tersebut dicampur dengan pupuk organik atau pupuk kandang sehingga tanaman dan ganggang akan lebih cepat lagi tumbuhnya dan ini tentu akan menjadi pakan ikan nila alami semakin banyak tersedia.