Manfaat Ikan Nila dan Kandungan Gizinya Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Posted on

Manfaat Ikan Nila dan Kandungan Gizinya

Manfaat Ikan Nila dan Kandungan Gizinya | Salah satu jenis ikan konsumsi adalah ikan nila atau ikan mujair. Anda tentu sepakat kalau ikan ini selain harganya yang juga memiliki kandungan gizi dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi ikan nila Manfaatnya bisa dirasakan baik oleh bayi, anak, orang dewasa dan ibu hamil, kandungan yang terdapat dalam dagingnya baik untuk kesehatan.

Jika ikan nila memiliki segudang manfaat dan kandungan gizi yang luar biasa, alangkah baiknya jika kita mengkonsumsinya paling tidak seminggu satu kali, lebih dari itu lebih baik. Namun perlu anda perhatikan bahwa ikan nila yang baik berasal dari pemberian pakan dan habitat yang baik pula.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat ikan nila berikut dengan kandungan gizinya yang bagus untuk kesehatan tubuh kita :

Kandungan Gizi

Jika dilihat dari kandungan gizinya, Ikan nila dan mujaer mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin, mineral, dan protein . Ikan ini juga merupakan sumber yang baik vitamin B12, niasin(vitamin B -3), omega-3, selenium, vitamin B6, fosfor, kalium, dan asam pantotenat(vitamin B -5).

Manfaat

Salah satu kandungan terpenting yang terdapat dalam ikan nila adalah kandungan proteinnya yang tinggi, dimana terdapat lebih dari 15% dari kebutuhan harian perporsi. Berdasarkan kandungan gizi sebagaimana yang disebutkan di atas, ikan nila memiliki ragam manfaat sebagai berikut :

  • Menurunkan Berat Badan

Apakah anda sedang melaksanakanprogram diet? Ya, anda bisa mencoba mengkonsumsi ikan nila sebagai bahan asupan kebutuhan protein yang tinggi akan tetapi rendah kalori dan lemak.

  • Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, anda butuh asupan mineral berupa fosfor yang cukup karena fosfor sendiri merupakan mineral yang paling penting bagi kesehatan tubuh kita dan bagian penting untuk perkembangan dan pertumbuhan materi tulang, termasuk dalam pemeliharaan gigi dan kuku, menjaga tulang tetap kuat sampai usia senja. Selain itu juga sebagai upaya pencegahan terhadap osteoporosis (penurunan kepadatan mineral tulang) yang diakibatkan oleh bertambahnya usia.

  • Mencegah Kanker Prostat

Ikan nila juga memiliki kandungan selenium yang tinggi, yang mana selenium merupakan anti oksidan yang baik dan berkaitan dengan penurunan resiko kanker prostat.

  • Kesehatan Jantung

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ikan nila merupakan salah stau sumber omega 3, dimana asam lemak omega 3 dapat membantu menegah aterosklerosis, stroke dan serangan jantung.

  • Kesehatan Otak

Lagi-lagi omega 3, yang mana omega 3 yang terdapat dalam ikan nila dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis.

  • Penuaan Dini

Selenium, dalam istilah lain disebut antioksidan, dapat meremajakan atau merangsang vitamin E dan C dimana keduanya dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit pada tubuh kita.

  • Sistem kekebalan tubuh dan fungsi Tiroid

Manfaat ikan nila yang terakhir ialah kandungan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : Pemkablamongan