Intip Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila Skala Rumahan Sampai Ekspor

Posted on

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Usaha Budidaya Ikan Nila adalah salah satu jenis usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya usaha ini pastinya tidak akan pernah mati selama jenis ikannya belum punah dan manusia masih membutuhkan makan. Anda bisa memilih cara pengelolaannya, bisa dengan kolam terpal atau pun kolam tanah, keduanya bagus, anda tinggal memilih mana yang paling memungkinkan. Tidak perlu skala besar, anda bisa memulai dengan skala rumahan dengan memanfaatkan lahan yang ada misalnya tanam 1000 ekor, baik bisnis ikan konsumsi atau pun menjual bibit ikan untuk petani. Silahkan pelajari terlebi dahulu apa saja pakan ikan nila yang bagus agar cepat panen.

Selain itu, kini banyak orang yang lebih memilih bekerja di kantor atau di pabrik sehingga persaingannya menjadi lebih sedikit. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri kenapa budi daya ikan khususnya ikan nila masih cukup terbuka sampai saat ini.

Berikut ini adalah analisa usaha budidaya ikan nila yang patut anda ketahui :

Analisa Usaha

Jika anda memiliki ketertarikan untuk membudidayakan ikan nila sebagai jenis pilihan usaha merupakan suatu piliahn yang sangat tepat. Perlu anda ketahui bahwa minat pasar terhadap ikan nila sampai saat ini msaih sangat tinggi, mulai dari jual bibit sampai ikan kategori konsumsi. Keterbukaan peluang tersebut masih sangat memungkinkan untuk membudidayakan ikan nila karena ia termasuk ikan konsumsi dengan harga jual yang terjangkau dan memiliki rasa yang enak.

Untuk target pasar dalam negeri, anda bisa memulai membudidayakan ikan nila jenis lokal dimana anda bisa menyuplai ke berbagai kolam pemancingan, rumah makan tradisional, restoran , lesehan dan lain-lain.

Adapun untuk target pasar ekspor, anda sebaiknya membudidayakan ikan nila merah dan ikan nila gift karena tentu saja harganya lebih mahal jika dibandingkan ikan nila lokal. Selain itu juga dari segi kualitas dagingnya juga beda, dimana kualitas daging merupakan aspek yang paling utama jika anda membidik pasar ekspor.

Kualitas yang dituntut untuk pasar ekspor paling tidak berat tubuh ikan minimal 500 gram per ekor dengan kualitas nomor 1. Negara Tujuan ekspor ikan nila antara lain adalah Singapura, Hongkong, Amerika Serikat, Saudi Arabia dan beberapa negara eropa di Eropa.

Jika anda sedang mencari ide usaha yang peluangnya masih sangat terbuka, anda bisa mencoba peluang usaha budidaya ikan nila ini mulai dari skala rumahan terlebih dahulu.