Pengertian Ikan Nila dan Asal Usul Kedatangannya Di Indonesia

Posted on

Ikan Nila Itu Ikan Apa sih?

Ikan Nila ialah jenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar seperti halnya ikan lele. Nama latin dari ikan ini adalah Nilotica. Ikan jenis ini diintroduksi dari daerah Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, yakni pada tahun 1969. Namun berdasarkan sumber lain, ikan nila dibawa dari taiwan ke bogor pada tahun tersebut kemudian disebarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Kini, jenis ikan ini menjadi ikan peliharaan yang populer di Indonesia dimana ia banyak ditanam di kolam-kolam air tawar.

Begini Pengertian Ikan Nila dan Asal Usul Kedatangannya Di Indonesia
Nila dan Asal Usul Kedatangannya

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa nila diambil dari bahasa latin yaitu Nilotica, nama ini sebetulnya merupakan nama daerah tempat asal ikan tersebut, yakni perairan sungai Nil di Benua Afrika. Pada awalnya, iakan ini mendiami hulu dari sungi nil di Uganda, seiring dengan berjalannya waktu ia menyebar ke daerah selatan (hilir) sungai dengan melewati danau Raft dan tanganyika hingga sampailah ke Mesir.

Ikan ini sekarang sudah bisa migrasi ke lima benua yang ada di dunia, ia tidak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang ada disekitaran sungai Nil saja akan tetapi di Amerika pun kini kita bisa menikmatinya.

Anda yang hidup di pedesaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan ini, ia banyak menjadi bahan konsumsi sebagai teman untuk sarapan “lauk” dengan berbagai olahan, bisa digoreng, dibakar, ditumis dan lain-lain.

Meski tergolong ikan yang “merakyat”, dalam arti menjadi bahan konsumsi kebanyakan orang, ikan nila ini sebenarnya kaya akan manfaat, selain harganya murah ternyata juga enak.

Jika kita lihat dari segi prospek bisnisnya, ikan nilai memiliki prospek yang bagus untuk dibudidayakan, ia bisa menjadi komoditas jual beli dengan permintaan yang cukup tinggi di pasaran.

Kalau anda makan di warteg atau lesehan, ikan nila pasti ada disana bisanya bisa kita pesan digoreng atau pun di bakar. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah peluang bagi anda yang berminat untuk membuka usaha di bidang kuliner khususnya di bidang perikanan.

Sampai disini kiranya anda sudah bisa memahami apa itu ikan nila dan bagaimana sejarah singkatnya sampai bisa kita nikmati olahannya sampai saat ini.