Berapa Usia Ikan Nila Siap Bertelur ?

Posted on

Usia Standar Ikan Nila Siap Bertelur Dengan Baik

Usia Standar Ikan Nila Siap Bertelur | Budidaya ikan nila adalah salah satu peluang yang bisa diambil bagi siapa saja, terutama bagi anda yang tinggal di daerah dengan kondisi irigasi yang stabil. Anda yang hendak membudidayakannya harus tahu berapa usia yang standar bagi ikan nila agar ia bisa bertelur dengan baik sehingga menghasilkan benih ikan yang bagus. Selain itu juga perhatikan habitat ikan nila dimana ia tinggal jangan sampai tinggal di tempat yang tidak standar.

Pada dasarnya ikan nila bisa bertelur kapan saja, asalkan ia sudah dewasa maka otomatis akan berkembang biak. Jika anda perhatikan, kolam-kolam yang ada ikan nila di dalamnya rata-rata ikan nila tersebut bertelur dan berkembang biak sendiri, tanpa ada campur tangan kita sedikitpun.

Namun, jika ingin menghasilkan benih yang maksimal maka tentunya harus tahu kapan usia matang agar nila bertelur dengan baik. Berdasarkan beberapa sumber, berikut ini adalah usia standar ikan nila agar siap bertelur :

Usia Standar

Ikan nila dikatakan dewasa jika ia sudah mencapai umur 4 – 5 bulan, agar ia bisa mencapai pertumbuhan yang maksimal supaya bisa melahirkan maka perlu waktu 1,5-2 tahun, dimana beratnya kira-kira mencapai 800 gr.

Dalam kondisi yang bagus, ikan nila bisa mengeluarkan larva 1.200-1.500 larva setiap kali memijah, dimana itu terjadi biasanya 6-7 kali dalam setahun.  Sebelum memijah, ikan nila jantan biasanya akan membuat sarang di dasar perairan, dimana itu merupakan daerah teritorial yang akan terus dijaga oleh jantan. Dalam kondisi seperti ini ikan jantan akan tampak lebih agresif.

Jika ingin melakukan pembibitan tentunya tidak sembarang nila, kita harus benar-benar memilih indukan yang bagus, sehat dengan umur yang pas, jangan terlalu muda dan juga jangan ketuaan.

Perlu diingat pula, jika ikan nila sudah mencapai usia matang maka segera lakukan pemijahan, dikhawatirkan ia akan melakukan pemijahan sendiri sehingga nanti benihnya tidak bisa terkontrol.

Lakukan pemeliharaan secara berkala, catat usia ikan nila siap bertelur sampai ia benar-benar berusia matang. Jika sudah mencapai pada usia standar maka anda bisa memulai untuk pemijahan.